Selamat Datang di Blog Pribadi Juniansyah, SE - Damkar_Smr 'BPBD Kota Samarinda'

Kebakaran di Samarinda


Samarinda,
Kebakaran menghanguskan puluhan rumah pemukiman padat penduduk di Jl KH Abul Hasan RT 15 dan RT 23, Kelurahan Pasar Pagi, Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (27/9/2013). Dua jam kemudian api baru berhasil dikuasai.

Keterangan dihimpun detikcom di lokasi, api berkobar mulai pukul 01.00 WITA. Padatnya pemukiman setempat di RT 9, 10 dan RT 11 menyebabkan kobaran api cepat meluas. Belum diketahui jelas penyebab kejadian tersebut.

"Belum, belum tahu jelas Pak. Ada yang bilang korsleting listrik atau kompor meledak, itu saya tidak tahu pasti. Yang jelas tiba-tiba api langsung membesar, saya bawa anak dan istri saya dan sebagian barang-barang," kata warga setempat, Abdul Malik, kepada detikcom di lokasi.

Sedikitnya 20 unit mobil pemadam dari Pemkot Samarinda, instansi swasta dan Balakar, diterjunkan untuk melakukan upaya pemadaman. Sulitnya akses menuju lokasi dan ratusan orang yang menonton peristiwa itu, sempat menghambat gerak cepat petugas melakukan pemadaman.

"Minggir! Minggir! Yang tidak berkepentingan, silakan minggir," teriak petugas dari atas mobil pemadam.

Di lokasi terpantau kobaran api yang kian meluas, nyaris menyambar bangunan asrama TNI AD yang berada tidak jauh dari titik api. Sejumlah personel TNI dibantu Polri dan warga, bergegas membantu mengamankan sejumlah barang-barang ke tempat yang lebih aman.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta kepada wartawan mengakui, petugas pemadam mengalami kesulitan melakukan pemadaman. Ada sekitar 25 unit pemadam, jalan menuju lokasi sempit, jadi petugas (pemadam) berupaya untuk masuk dari berbagai sisi. Penyebab kebakaran ini masih kita selidiki," kata Wisnu.

"Satu orang kita amankan di sekitar lokasi ini karena diduga ingin melakukan pencurian di tengah musibah ini. Sekarang dia berada di kantor (Mapolresta Samarinda) untuk kita mintai keterangan," sebut Wisnu.

"Dugaan sementara sekitar 50 rumah. Tapi jumlah pastinya kita selidiki setelah api benar-benar padam. Sementara belum ada laporan adanya korban dari musibah ini," kata Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Feby DP Hutagalung menambahkan.

Hingga pukul 03.00 WITA, api baru berhasil dikuasai petugas pemadam. Meski begitu, petugas masih berada di lokasi sambil melakukan pendinginan dan memastikan api benar-benar berhasil dipadamkan.
 
 

0 comments:

Post a Comment